Pendakian Gunung Rinjani di Lombok




Gunung Rinjani adalah gunung yang berada di Pulau Lombok, NTB. Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki di Indonesia karena keindahan pemandangannya yang sangat menawan. Gunung Rinjani adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha.

Secara administratif gunung rinjani berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung Rinjani dengan titik tertinggi adalah 3.726 m dpl, mendominasi sebagian pemandangan di Pulau Lombok bagian utara. Sebelah barat kerucut di Gunung Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Danau Anak dengan luas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau anak ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Danau Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan juga untuk memancing. 

Gunung Rinjani berada di pulau Lombok,NTB. Untuk bisa ke Gunung Rinjani, anda dapat menggunakan bus langsung dari Jakarta menuju Mataram, setelah anda sampai di mataram anda bisa menuju ke desa sembalun atau desa senaru dengan menggunakan kendaraan setempat.atau bisa juga menggunakan penerbangan dari Jakarta, Surabaya, dan Denpasar menuju ke bandara selaparang mataram - Lombok.
Rinjani memiliki panaroma yang paling menawan di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) Gunung Rinjani banyak dikunjungi oleh para pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam dll.
Suhu udara rata-rata sekitar 20 °C; terendah 12 °C. Angin kencang di puncak Rinjani biasa terjadi di bulan Agustus.








Pendakian 
Selain puncak rinjani, tempat yang paling banyak dikunjungi adalah Segara Anakan, yaitu sebuah danau yang terletak di ketinggian 2.000m dpl. Untuk bisa mencapai lokasi ini kita harus mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang .
Kebanyakan dari pendaki memulai pendakian dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakiannya di senaru, karena dapat menghemat 700m ketinggian. Jika anda mengambil Rute Sembalun memang agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena harus melewati padang savana yang sangat terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). krim lotion atau sun block matahari akan sangat dianjurkan.


Untuk bisa mencapai puncak gunung rinjani dari arah danau, anda harus rela berjalan kaki mendaki dari sebelah barat dengan ketinggan 700m dan menaiki punggungan dengan tinggi 1.000m yang ditempuh dalam 2 tahap yaitu : 3 jam dan 4 jam. Tahap pertama adalah menuju Plawangan Sembalun. Untuk Summit attack biasanya dilakukan pada jam 3 pagi/dinihari untuk mencari momen indah yaitu pada saat matahari terbit di puncak Rinjani.

Perjalanan menuju Puncak Rinjani tergolong lumayan berat karena harus melewati bibir kawah dengan margin safety yang sangat pas-pasan. Medan pasir, batu, tanah dengan ketinggian 200 meter, terakhir harus ditempuh dengan susah payah, karena satu langkah maju diikuti setengah langkah turun. Untuk para pendaki - ini adalah tempat yang paling menantang dan paling disukai karena beratnya medan terbayar dengan terlihatnya pemandangan alamnya yang indah. Untuk mendaki Gunung Rinjani tidak diperlukan alat bantu, cukup mempersiapkan stamina, kesabaran dan "passion".

Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dalam tiga hari dua malam, atau jika anda hendak melihat dua objek lainnya: Gua Susu dan gunung Baru Jari atau disebut juga anak gunung Rinjani dengan kawah baru di tengah danau, perlu tambahan waktu selama dua hari perjalanan. Untuk mendaki Gunung Rinjani maka Persiapan logistik sangat diperlukan, tetapi untung segala sesuatu bisa anda dapatkan di desa terdekat seperti Tenda, sleeping bag, peralatan makan, bahan makanan dan apa saja yang diperlukan (termasuk radio komunikasi) bisa anda sewa dari homestay-homestay yang menjamur di desa Senaru.


Pendakian Gunung Rinjani di Lombok Pendakian Gunung Rinjani di Lombok Reviewed by sandro on Kamis, September 19, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia