Exploring Hidden Canyon Beji Guwang, Bali Yang Sangat Menakjubkan

Hidden Canyon Tukad Beji Guwang


Jika anda sedang berlibur di Bali dan mencari Tempat Wisata di Bali yang Tersembunyi yang masih segar alami belum banyak terjamah oleh manusia maka tempat yang harus anda kunjungi adalah Hidden Canyon Tukad Beji Guwang, Sukawati.

Hidden Canyon Beji Guwang sebenarnya adalah nama sebuah ngarai yang berada di wilayah desa guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Sementara kata “Beji” sendiri bermakna “Pancuran Air” yang terdapat di sungai dan sangat disakralkan serta dijaga kecusiannya oleh warga sekitarnya.
 Ngarai tersebut terletak tersembunyi sehingga tak heran jika wisatawan asing menyebutnya hidden canyon alias ngarai tersembunyi. Ngarai ini terbentuk dari kikisan air sungai, berupa lembah yang dalam dan sempit.

Hidden Canyon Tukad Beji Guwang atau juga populer di kalangan Turis asing dengan julukan singkat Hidden Canyon Bali. Wisatawan yang pernah datang ke Hidden Canyon Beji Guwang ini selalu berkata bahwa akses perjalanan menuju Hidden Canyon Bali sangatlah berat dan menantang. Jika anda ingin datang bersama keluarga maka sangat tidak direkomendasikan untuk anak-anak ataupun orang tua. Untuk bisa sampai ke Hidden Canyon ini anda harus menempuh perjalanan dengan cara berjalan kaki yang penuh tantangan dengan jarak +/- 700 meter.
Akan tetapi, Hidden Canyon Beji Guwang memiliki pemandangan ngarai yang spektakuler yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata.



Di sekitar aliran sungai di ngarai Beji Guwang ini terdapat Pura Beji yang terdapat pancuran air yang dimanfaatkan untuk kebutuhan minum warga sekitar. Airnya yang suci sering juga digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan pura-pura di sekitarnya. Tak heran mengapa lokasi Hidden Canyon Beji Guwang sangat-sangat sakral dan tidak boleh sembarangan ketika anda memasuki area ini.



Tips Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

  1. Sebaiknya anda datang ketika musim kemarau hal ini dimaksudkan untuk menghindari aliran sungai yang deras.
  2. Jam terbaik untuk datang adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 agar dapat menjelajah tiga ngarai sekaligus.
  3. Lokasi ini sangat disakralkan oleh warga setempat, sehingga sangat disarankan untuk berpakaian dan bersikap yang sopan.
  4. Tak perlu membawa banyak bekal karena anda akan menemui banyak warung yang menjual makanan.
  5. Sebaiknya menggunakan guide warga lokal agar tidak tersesat, karena mereka lebih mengenal medan yang dilalui.

Akses ke Hidden Canyon Beji Guwang, Sukawati

Pengunjung dapat mencapai lokasi Hidden Canyon Beji Guwang dalam jarak 15 kilometer perjalanan jika ditempuh dari Kota Gianyar atau 14 kilometer dari Kota Denpasar. Rute paling cepat dari kota Denpasar adalah melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan Desa Ketewel.
Lalu ambil jalur yang mengarah ke Jalan Raya Ketewel lalu ambil arah ke Jalan Raya Guwang. Sampai di Patung Garuda, sekitar 750 meter kemudian terdapat Pura Dalem. Area parkir Pura Dalem cukup luas dan menjadi tempat parkir kendaraan. Setelah memarkir kendaraan, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati.


Harga Tiket Masuk Beji Guwang Hidden Canyon


Dewasa (Indonesian) Rp. 10.000/Orang
Dewasa (Foreign) Rp. 17.000/Orang
Anak / Pelajar (9 - 14 Tahun)Rp. 7.000/Orang

* Harga tersebut belum termasuk tour guide


Peta lokasi


Exploring Hidden Canyon Beji Guwang, Bali Yang Sangat Menakjubkan Exploring Hidden Canyon Beji Guwang, Bali Yang Sangat Menakjubkan Reviewed by sandro on Sabtu, September 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia