Petunjuk ke Pantai 3 Warna Malang



Karena berdekatan dengan Pesisir Selatan Pulau Jawa, Malang memiliki berbagai macam Pantai. Contohnya Pantai 3 Warna yang cukup terkenal.


Karena berdekatan dengan Pesisir Selatan Pulau Jawa, Malang memiliki berbagai macam Pantai. Contohnya Pantai Tiga Warna yang cukup terkenal. Pantai Tiga Warna sudah mulai menjadi Wisata terkenal dan favorit Wisatawan asing maupun domestik. Pantai Tiga Warna memiliki 3 warna air yang berbeda-beda sesuai dengan kedalamannya.
Indonesia memiliki beragam Wisata yang layak untuk dikunjungi, mulai dari Wisata Budaya, Wisata Kuliner, hingga Wisata alam. Salah satu wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah Wisata alam/Pantai. Wisata Pantai yang terkenal di Indonesia ada di Bali dan Lombok. Tapi di Pulau Jawa juga terdapat daerah dengan potensi Wisata Pantai yang sangat besar, yaitu Pantai Tiga Warna di Malang.

Cukup menarik, bukan? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini.




Rute Menuju Pantai Tiga Warna


Pantai Tiga Warna berlokasi di Desa Tambak Rejo, tepatnya di wilayah konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang Jawa Timur. Untuk masuk ke kawasan Pantai ini harus seizin Clungup Mangrove Coservation, karena Pantai ini terletak di dalam wilayah konservasi. Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu ke pihak pengelola atau petugas konservasi dengan menghubungi  0812-3333-9889.


Jika anda ingin pergi ke Pantai Tiga Warna, anda harus melalui rute ke Pantai Goa Cina. Rute ini adalah rute yang paling sering digunakan para wisatawan. Dari kota Malang, ambil jalan ke arah Gadang, lalu ke Turen. Kemudian ikuti saja  jalan yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah kira-kira 2 jam, anda akan melihat persimpangan ke dua Pantai, Goa Cina dan Sendang Biru.

Ambil jalan menuju Pantai Goa Cina, kemudian ikuti jalan yang lurus hingga 2 kilometer sampai bertemu persimpangan. Kemudian belok kiri ke Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Nantinya anda akan memasuki perkampungan Warna dan di sini ambillah jalan ke Clungup Mangrove Conservation, sebelum bank BRI.

Jadi untuk bisa sampai ke Pantai Tiga Warna, patokannya adalah anda harus lewat Pantai Clungup dan Clungup Mangrove Conservation. Di daerah Clungup Mangrove Conservation ini anda akan melihat pintu masuk ke kawasan Pantai Tiga Warna. Dari daerah konservasi ini, jalannya agak sempit yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Mobil harus diparkir terlebih dahulu di tempat parkir 1 kilometer sebelum Manrove Conservation dan anda akan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.






Objek Wisata Pantai Tiga Warna

1. Pantai yang indah dan asri

Seperti yang disebutkan di atas, untuk masuk saja ada kuota jumlah pengunjungnya. Sudah bisa dipastikan jika Pantai ini sangat terjaga kebersihannya. Di Pantai ini anda juga bisa menikmati pasir yang putih dengan air laut jernih yang memiliki Tiga warna berbeda. Anda bisa bermain di air yang indah ini di bibir Pantainya.

2. Berenang

Di Pantai ini para pengunjung bisa berenang. Bahkan anda juga bisa snorkeling. Jika anda tidak membawa alat snorkeling, anda bisa sewa alatnya dengan harga Rp.15.000 per orang. Selama snorkeling, anda akan menikmati pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah lengkap dengan biota lautnya. Tapi yang lebih uniknya lagi adalah kita bisa menyaksikan air laut yang memiliki Tiga warna yang berbeda. Bahkan dengan mata telanjang sekalipun perbedaan warna air ini terlihat jelas.

3. Berkemah

Karena harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke sini, tentunya sangat disayangkan jika kita tidak bermalam di Pantai ini. Para pengunjung juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda di areal Pantai Tiga Warna. Anda bisa menyewa tenda di lokasi dengan harga Rp.25.000 permalam dan menambah Rp.25.000 lagi untuk sewa lahannya. Akan lebih baik jika anda membawa tenda sendiri dari rumah.

4. Trekking

Seperti yang sudah disebutkan diatas, anda akan dikenakan biaya Rp.100.000 untuk biaya menyewa guide. Nah guide ini nanti berguna untuk menuntun anda penjelajahi kawasan Pantai Tiga Warna dan juga kawasan konservasi hutan mangrove.

5. Ubur-ubur

Di Pantai ini anda juga bisa melihat ubur-ubur yang berkeliaran. Jangan lupa mengabadikan biota laut yang satu ini dengan kamera tahan airmu dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena ubur-ubur bisa menyengat.






Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna


Pantai Tiga Warna sudah dikelola dengan sangat baik dan anda harus membeli tiket masuk jika ingin masuk dan menikmati keindahan alam di pantai tersebut. Tidak perlu mahal, anda hanya perlu membayar sebesar Rp.5000 saja untuk satu orang. Untuk biaya guide, anda harus membayar sebesar Rp.100.000 per 10 orang selama 34 jam. Jadi kalau anda datang sendirian, anda akan dimasukkan ke kelompok lain.



Yang lebih unik lagi adalah para wisatawan yang datang dibatasi jumlahnya. Jika kuota wisatawannya sudah penuh, otomatis anda harus menunggu hingga kelompok yang sudah ada di lokasi kembali terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan Pantai. Jadi kebayang dong betapa bersihnya Pantai yang satu ini.

Sedikit tips, disarankan untuk membawa bekal sendiri karena tidak ada warung di Pantai ini. Lalu jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan karena anda akan dikenakan denda.


Ingat, anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena jumlah pengunjung yang dibatasi. Selalu jaga kebersihan Pantai dan selamat bersenang-senang.
Petunjuk ke Pantai 3 Warna Malang Petunjuk ke Pantai 3 Warna Malang Reviewed by sandro on Minggu, September 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia