Indahnya Menikmati Sunset di Tanah Lot






Mendengar nama Pura Tanah Lot Bali, yang terlintas pertama kali tentunya adalah pemandangan eksotis. Pura yang satu ini memang kerap mewarnai kalender dengan penampilannya yang indah. Terlebih pura ini berdiri dengan kokoh di pinggir pantai, di atas sebuah batu karang besar.

Pura Tanah Lot Bali ini terletak di Beraban, Kediri, Tabanan. Lokasinya berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Tabanan. Di sini, para pengunjung pun bisa menyaksikan dua bangunan pura yang berdiri kokoh di atas batu karang raksasa.

Sunset di Pura Tanah Lot Bali

Sunset di Pura Tanah Lot Bali 1024x762 » Pura Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Paling Indah di Pulau Dewata


Tempat ini pun kerap disebut sebagai destinasi wisata wajib bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Bali. Dan momen terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan alam di Pura Tanah Lot Bali ini adalah pada sore hari. Pada saat itu, para traveler pun akan bisa menyaksikan pemandangan pura dengan hiasan matahari terbenam atau sunset.

Upacara keagamaan di Pura Tanah Lot

Selain menjadi tempat wisata, Pura Tanah Lot Bali tentu saja masih digunakan untuk lokasi beribadah warga Hindu Bali. Mereka pun mengadakan upacara keagamaan secara berkala. Selain itu, di sini juga diadakan perayaan yang disebut dengan nama Odalan. Perayaan Odalan dilaksanakan di Pura Tanah Lot setiap 210 hari sekali.

Selain perayaan Odalan, tentu saja masyarakat Hindu Bali juga menggunakan Pura Tanah Lot untuk aktivitas keagamaan lain. Termasuk di antaranya adalah pada saat merayakan Galungan serta Kuningan. Dan pada saat itu, para traveler pun tidak hanya bisa berburu pemandangan sunset di Pura Tanah Lot, tapi juga bisa menyaksikan sakralnya upacara keagamaan yang dilaksanakan oleh umat Hindu di sana.

Sejarah Pura Tanah Lot Bali

Konon, Tanah Lot Bali ini muncul berdasarkan kisah yang terjadi pada abad ke 15 Masehi. Pada saat itu, terdapat seorang bernama Bhagawan Dang Hyang Nirartha yang mempunyai misi untuk menyebarkan agama Hindu ke Pulau Bali. Pada saat itu, Bali dikuasai oleh Raja Dalem Waturenggong yang ternyata menyambut baik niatan Dang Hyang Nirartha.

Keindahan Pura Tanah Lot Bali 1024x668 » Pura Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Paling Indah di Pulau Dewata

Dang Hyang Nirartha pun berhasil dalam menjalankan misinya. Menyebarkan agama Hindu ke berbagai pelosok yang ada di Pulau Bali. Hanay saja, ternyata niatan Dang Hyang Nirartha mendapatkan tentangan dari Bendesa Beraban Sakti, pemimpin Desa Beraban yang saat itu dikunjungi oleh Dang Hyang Nirartha.
Akhirnya, Dang Hyang Nirartha pun melakukan semedi di atas batu karang yang mempunyai bentuk mirip burung beo. Batu tersebut awalnya berada di atas daratan. Namun dengan kekuatan spiritualnya, Dang Hyang Nirartha pun memindahkan lokasi batu karang tersebut ke tengah Pantai dan menamainya Tanah Lot, yang berarti batu karang di tengah lautan.

Ular suci di Pura Tanah Lot Bali

Keunikan Pura Tanah Lot Bali juga tidak lepas dari keberadaan ular yang dianggap sebagai ular suci oleh masyarakat setempat. Masyarakat Hindu setempat pun percaya kalau ular suci yang ada di Pura Tanah Lot itu mempunyai kemampuan untuk mencegah ancaman kejahatan dan kerusakan. Secara ilmiah, ular itu mempunyai nama ilmiah Bungarus candidus dan dikenal sebagai salah satu ular laut yang berbisa.

Konon, ular suci di Pura Tanah Lot ini akan menyerang siapapun yang mempunyai niat untuk merusak pura. Namun dalam kesehariannya, ular ini pun cukup jinak. Bahkan para pengunjung pun bisa menyentuh ular suci ini tanpa harus khawatir diserang. Masyarakat Bali pun percaya, kalau siapa saja yang menyentuh ular suci ini akan dikabulkan segala permintaaannya.


HTM Tanah Lot

Dewasa, Rp 20.000 / orang
Anak, Rp 15.000 / anak.
Parkir motor, Rp 2.000 / 1 motor.
Parkir mobil, Rp 5.000 / 1 mobil.
Parkir bus, Rp 10.000 / 1 bus.


Lokasi Tanah Lot 


 
Indahnya Menikmati Sunset di Tanah Lot Indahnya Menikmati Sunset di Tanah Lot Reviewed by sandro on Jumat, September 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia