12 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Dengan Harga Terjangkau




Sebagai salah satu tempat dengan keberagaman yang tinggi, Jakarta menawarkan berbagai tempat kuliner nikmat yang menyajikan makanan khas dari seluruh pelosok Indonesia. Beragam sajian kuliner tersebut di antaranya dapat ditemukan di tempat kuliner Jakarta berikut ini.


1. Gado-gado Cemara


Alamat: JL. Tanah Abang V No. 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gado-gado merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Jakarta. Salah satu warung gado-gado favorit yang ada di Jakarta adalah Gado-Gado Cemara yang ada di Tanah Abang. Tempat kuliner Jakarta yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Awalnya, warung gado-gado ini memang terletak di Jalan Cemara, namun kemudian pindah ke daerah Pasar Boplo lalu pindah lagi ke daerah Jalan Wahid Hasyim dan terakhir menetap di daerah Tanah Abang.
Rahasia kelezatan dari Gado-Gado Cemara ada pada bumbu kacangnya yang terasa gurih dan ringan. Bumbunya juga tidak terlalu kental karena menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya dengan campuran sedikit kacang mete sebagai penguat rasa dan aroma. Kelezatan bumbu kacang tersebut dipadu dengan sayur-sayuran yang direbus dengan tingkat kematangan yang sesuai.


2. Soto Padang H. St. Mangkuto

Alamat: JL. Pintu Air Raya No. 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

alah satu kedai soto Padang yang terkenal di Jakarta adalah Soto Padang H. St. Mangkuto yang berada di Jalan Pintu Air Raya No. 26. Tempat kuliner Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan saat ini telah dipegang oleh generasi ketiga. Meskipun pengelolanya sudah sampai tiga generasi, tetapi cita rasa soto yang disajikan tetap tidak berubah dari masa ke masa.
Soto padang yang ada di tempat kulier Jakarta ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil yang bersisi sohun, irisan daging sapi yang digoreng kering, perkedal kentang, dan taburan daun bawang yang disiram dengan kuah bening yang segar. Jika rasanya masih kurang mantap, Anda bisa mencampurkan sambal ke dalam soto agar terasa lebih sedap.


3. Bubur Kwang Tung

Alamat: JL. Pecenongan No. 67I, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.

Daerah Pecenongan memang merupakan surga kuliner Jakarta. Terdapat lusinan restoran dengan aneka menu lezat yang siap untuk dicicipi. Apalagi bila malam tiba, kedai-kedai makanan kaki lima berjajar rapi di sepanjang kawasan wisata kuliner Jakarta ini. Salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi di daerah ini adalah Bubur Kwang Tung.
Menu hidangan laut yang ada juga sangat direkomendasikan oleh para penikmat kuliner yang pernah mampir ke tempat kuliner Jakarta ini. Tidak usah khawatir datang terlalu larut atau terlalu pagi karena Bubur Kwang Tung buka selama 24 jam setiap hari. Satu lagi, restoran ini juga sudah mendapatkan label halal.


4. Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie

Alamat: JL. Ciujung No. 36, Gambir, Jakarta Pusat.

Konsep rumah makan unik dan menarik juga dapat ditemui di daerah Jakarta. Salah satu restoran yang menawarkan konsep tersebut adalah Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie. Nama restoran dengan nuansa konsep tempo dulu ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Tanah Abang Dua. Huize merupakan bahasa Belanda dari rumah dan Trivelli merupakan nama lain dari Jalan Tanah Abang Dua yang pada tahun 1939 bernama Laan Trivelli.

 

5. Ketan Susu Kemayoran

Alamat: JL. Kemayoran Gempol No. 18, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat (Perempatan JL. Garuda dan JL. Angkasa).

Ketan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut. Makanan yang satu ini bisa juga dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Ada juga yang biasa memakannya dengan sambal kacang. Namun, berbeda dengan ketan yang disajikan di warung ketan susu bapak Sudarja yang berada di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain disajikan dengan parutan kelapa, ketan juga disajikan dengan susu kental manis.
Untuk teman makan, tersedia aneka gorengan, seperti tempe goreng dan pisang goreng. Perpaduan rasa gurih dari parutan kelapa dan manisnya susu kental manis akan membuat Anda langsung ketagihan. Ketan susu ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat. Lebih nikmat lagi jika ditambah dengan teh poci khas Tegal yang juga tersedia di tempat wisata kuliner Jakarta yang buka selama 24 jam ini.


6. Ragusa Es Italia

Alamat: JL. Veteran 1 No. 10, Gambir, Jakarta Pusat.

Jakarta memang banyak memiliki legenda kuliner yang kelezatannya sudah terkenal hingga lintas generasi. Salah satu legenda kuliner Jakarta yang masih bertahan hingga hari ini adalah Ragusa Es Italia. Kedai es krim khas Italia ini telah berdiri sejak tahun 1932. Setiap harinya, kedai ini juga selalu dipadati pengunjung dari berbagai kalangan, terutama pada saat akhir pekan.
Menu favorit yang ada di Ragusa adalah es krim spageti, es krim vanila yang dibentuk menyerupai spageti disajikan dengan taburan cokelat dan kacang. Rasanya manis dan segar, cocok dimakan pada saat cuaca sedang terik. Selain es krim spageti, ada juga es krim durian, tutti frutti, banana split, cassata siciliana, dan lainnya.
Di depan kedai Ragusa, banyak berjajar penjual makanan-makanan tradisional lain, seperti sate, asinan, gado-gado, rujak, dan kue cubit. Jika tidak puas karena hanya menyantap es krim, Anda dapat memesan makanan-makanan lain tersebut.

 

7. Bakmi Sakaw Kafe Dermaga

Alamat: JL. Pantai Mutiara, Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara.

Ternyata bukan hanya narkoba saja yang membuat sakaw dan ketagihan, bakmi juga ternyata membuat penikmatnya menjadi sakaw dan hilang kontrol. Olahan bakmi khas dari Kafe Dermaga ini memang memiliki rasa pedas hingga dapat membuat yang memakannya menjadi sakaw. Namun, jika tidak ingin sampai sakaw, Anda dapat memilih tingkat kepedasan sesuai selera.
Tekstur bakmi sakaw cukup kenyal dan porsinya lumayan besar. Kenikmatan bersantap di Kafe Dermaga ini semakin bertambah karena pemadangan laut yang dapat dinikmati langsung dari dalam kafe. Suasanya yang nyaman seperti sedang berada di rumah sendiri juga membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan wakti di tempat kuliner Jakarta ini. Menu lain yang dapat dinikmati di tempat wisata kuliner ini, di antaranya adalah nasi goreng spesial dan es krim aneka rasa.


8. Ikan Nila Goreng Pak Ono

Alamat: JL. Pesanggrahan Raya, Kembangan, Jakarta Barat.

Rumah makan Ikan Nila Goreng Pak Ono merupakan tempat kuliner Jakarta favorit yang berada di kawasan Jakarta Barat. Lokasinya yang strategis, yaitu berada di Jalan Pesanggrahan Raya membuatnya sangat mudah diakses oleh para pengunjung yang penasaran ingin mencicipi kelezatan olahan ikan nila yang ada di rumah makan tersebut.
Tempatnya yang luas membuat rumah makan ini terasa sangat nyaman. Menu andalan rumah makan ini adalah ikan nila goreng dan bakar. Agar terdengar lebih menarik, nama menu yang ada di sini juga dibuat unik, seperti ikan nila tempur nano-nano. Menu ini sebenarnya adalah ikan nila goreng yang dibumbui dengan saus asam manis yang segar dan terasa khas rumah makan Pak Ono. Menu lain yang bisa dipesan di tempat ini antara lain adalah sayur asem, cah kangkung, dan ikan gurami goreng.


9. Kopi Es Tak Kie


Alamat: JL. Pintu Besar Selatan III, Gg. Gloria No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat.

Selain kedai makanan, di Jakarta juga ada kedai minuman yang melegenda dan bertahan dari generasi ke generasi. Tempat tersebut bernama Kopi Es Tak Kie yang berada di kawasan Glodok. Bangunan kedai yang sudah berumur menunjukkan kesan tempo dulu yang sangat kuat. Meskipun tergolong kedai tempo dulu, tetapi yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya orang tua saja, orang-orang muda pun terlihat sering terlihat santai mengobrol sambil menikmati kopi es yang menjadi menu andalan kedai ini.
Serbuan kedai kopi modern ternyata tidak menggoyahkan kemasyuran kedai Kopi Es Tak Kie. Terbukti, masih banyak pembeli yang berkunjung ke tempat nongkrong di Jakarta yang satu ini. Selain kopi es, ada pula kopi susu di kedai ini. Cara meracik kopi di kedai ini sangatlah sederhana. Dari racikan yang sederhana inilah, rasa kopi yang segar, manis, dan wangi tercipta. Hidangan kopi di tempat ini bisa dibilang memiliki rasa yang sangat jujur karena diolah dengan cara sederhana tanpa campuran yang aneh.


10. Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi

Alamat: JL. Raya Jatinegara Timur No. 29A, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ayam goreng Kalasan merupakan ayam goreng yang menggunakan racikan bumbu khusus yang berasal dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Tidak sulit untuk menemukan rumah makan atau restoran yang menyajikan menu ayam goreng Kalasan di Jakarta. Salah satunya adalah rumah makan Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi yang ada di daerah Jatinegara, Jakarta Timur.
Di rumah makan ini, ayam yang digunakan merupakan ayam kampung asli sehingga menghasilkan daging ayam dengan rasa yang gurih dan manis. Daging ayam yang diolah sampai empuk juga menambah nikmat ketika bersantap. Selain ayam, ada juga nasi uduk dan soto betawi yang bisa dipesan untuk dimakan bersama dengan ayam Kalasan. Untuk minumannya, tersedia es cendol yang segar dan dapat melepas dahaga.

 

11. Ikan Bakar Ujung Pandang

Alamat: JL. Gandaria I No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di restoran yang berdiri sejak tahun 1979 ini, Anda dapat menikmati hidangan laut sepuasnya. Restoran dengan jargon fresh seafood ini selalu ramai pada malam hari. Jadi, harap bersabar jika harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan tempat duduk ketika berkunjung ke tempat kuliner Jakarta ini.
Menu yang tersedia di restoran ini di antaranya ikan kudu-kudu goreng tepung, ikan itang bakar rica-rica, udang pancet bakar, kerang dara rebus, dan menu hidangan laut lainnya. Selain seafood, tersedia juga pilihan sambal yang terdiri dari sambal mangga dan sambal terasi serta sambal khusus otak-otak.


12. Mbah Jingkrak

Alamat: JL. Setiabudi Tengah No. 11, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Mbah Jingkrak merupakan restoran yang mengusung konsep Jawa. Bukan hanya masakannya saja, tetapi desain interior, properti, hingga seragam pelayannya semuanya disesuaikan dengan budaya Jawa. Restoran di Jakarta ini juga cukup rindang karena dipenuhi dengan banyak pepohonan yang asri. Kenyamanan pengunjung, terutama anak-anak, juga semakin bertambah karena di dalam restoran disediakan arena bermain anak.
Keunikan lain dari restoran Mbah Jingkrak ada pada makanannya. Makanan di sini memang merupakan makanan-makanan khas Jawa, tetapi telah dimodifikasi ulang dan menghasilkan rasa baru yang tidak kalah lezat. Nama menu yang ada juga terdengar cukup unik, seperti ayam grandong, ayam rambut setan, ayam wewe, dan teri buto ijo. Bagi Anda yang tidak suka pedas, hati-hati dalam memilih menu karena kebanyakan menu di Mbah Jingkrak memiliki cita rasa yang cukup pedas.

 


 

 

12 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Dengan Harga Terjangkau 12 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Dengan Harga Terjangkau Reviewed by sandro on Kamis, September 05, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia