Pantai Lipah, Pantai Pasir Putih Tersembunyi di Karangasem Bali




Bali memiliki banyak obyek wisata pantai yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Lipah yang harus ada di daftar kunjungan liburan Anda. Pantai di wilayah Karangasem Bali ini memiliki kecantikan tersembunyi yang wajib Anda  nikmati. Keberadaan pantai ini membuktikan kalau Bali punya deretan pantai indah yang tidak ada habisnya.

Tergolong pantai tersembunyi, karena Pantai Lipah ini belum begitu banyak orang yang mengenalnya. Bukan karena namanya tak terkenal, tetapi karena letaknya di teluk yang menjorok ke daratan. Teluk ini berada sekitar 3 kilometer dari Jameluk – Amed. Selain itu tak seperti pantai lainnya yang berpasir putih, pasir di pantai ini terdiri dari bebatuan sungai. Inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Lipah yang tak dimiliki oleh pantai lain.

Bahkan yang paling menarik di Pantai Lipah ini adalah terdapatnya bangkai kapal perang Jepang (Japanese Wreck) yang tenggelam di perairan ini. Kapal perang ini merupakan kapal milik Jepang sebagai penyuplai bahan makanan bagi tentara Jepang.

Pada saat Perang Dunia ke-2, kapal ini ditembak oleh Belanda sehingga karam dan tenggelam. Posisi tenggelamnya kapal sangat dekat hanya sekitar 10 meter dari bibir pantai dengan kedalaman hanya 5 meter dari permukaan. Dan ini merupakan kedalaman ideal untuk melakukan snorkeling ataupun diving.


Lokasi kapal perang Jepang ini menjadi tempat favorit para pecinta snorkeling. Karena dari reruntuhan kapal ini tumbuh berbagai terumbu karang yang cantik dengan berbagai biota laut yang hidup dan mencari makan di daerah itu. Anda dapat menemukan juvenil, kepiting, udang, berbagai jenis ikan yang hidup di karang yang membuat pemandangan bawah lautnya sangat indah dan memukau.


Cara Menuju ke Pantai Lipah Karangasem

Pantai yang dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ini, juga sudah menyediakan berbagai sarana dan fasilitas untuk mendukung kegiatan pariwisata. Diantaranya sudah terdapat fasilitas penyewaan peralatan snorkeling dan diving, area parkir yang luas, cafe-cafe dan restoran, toilet dan sarana penunjang lainnya.

Lokasi Pantai Lipah Karangasem

Pantai Lipah terletak di Dusun Lipah, Bunutan, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali. Pantai ini lokasinya berdekatan dengan dua pantai yang telah dikenal luas, yakni Pantai Amed dan Pantai Tulamben. Jadi, kalau tengah berkunjung ke salah satu pantai tersebut, Anda bisa memilih untuk mampir menyaksikan keindahan alam bawah laut di Lipah ini.


Pantai Lipah, Pantai Pasir Putih Tersembunyi di Karangasem Bali Pantai Lipah, Pantai Pasir Putih Tersembunyi di Karangasem Bali Reviewed by sandro on Jumat, September 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia