Pantai Batu Bengkung Yang Sangat Unik di Malang


Pantai Batu Bengkung


Halo Sobat Blogger, Kali ini kita akan membahas salah satu pantai yang ada di Malang, Jawa Timur yaitu Pantai Batu Bengkung


Kalau kamu adalah penggemar wisata Pantai, maka Malang seharusnya masuk daftar tempat yang harus kamu kunjungi. Malang memiliki banyak sekali Pantai yang indah dan eksotis dan tidak jarang diantaranya yang masih asri karena sepi pengunjung.

Salah satu Pantai di Malang yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan Pantai yang indah dengan dominasi batuan karang. Secara alami batuan karang ini berubah menjadi kolam-kolam alami yang unik dan menambah keindahan Pantai Batu Bengkung. Ketika air laut surut, pengunjung bisa bermain air di kolam alami yang dikelilingi birunya air samudera Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk pergi ke Pantai Batu Bengkung, simak aja ulasannya berikut ini.



Rute Ke Pantai Batu Bengkung


Pantai Batu Bengkung Berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini berada di pesisir Selatan pulau Jawa dan memiliki rute yang hampir sama dengan Pantai Bajul mati dan Pantai Goa Cina. Jika kamu datang dari kota Malang, ambillah arah ke Turen, lalu pergi ke Selatan ke arah Sumbermanjing Wetan dan terus ke arah Pantai Sendang Biru. Ketika bertemu dengan pertigaan, akan ada sebuah petunjuk arah. Belok lah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Pantai Batu Bengkung hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Bajul Mati ke arah Barat.

Selama dalam perjalanan mata akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan dengan udara yang sejuk. Jalan menuju ke lokasi Pantai Batu Bengkung sudah beraspal mulus dan sedikit berkelok-kelok. Kamu bisa ambil rute alternatif yang melewati jalur ke Pantai Balekambang. Dari kota Malang, pergi ke Kepanjen, lalu ke Pagak hingga Bantur. Dari Bantur, ambil jalan yang mengarah ke Pantai Balekambang hingga kamu sampai di sebuah perempatan. Untuk ke Pantai Batu Bengkung, belok kiri. Jika kamu ambil rute ini, lokasi Pantai terletak sebelum Pantai Bajul Mati. Rute ini bisa dibilang lebih efektif karena jalan yang lebih bagus dan juga lebih cepat.



Objek Wisata Yang Ada di Pantai Batu Bengkung

 

Kamu akan menemukan banyak keseruan yang bisa dilakukan di Pantai Batu Bengkung. Berikut ini beberapa objek wisata yang seru yang ada di Pantai Batu Bengkung.

1. Mempelajari Sejarah penamaan Pantai Batu Bengkung

Nama Batu Bengkung sebenarnya memiliki kaitan dengan bebatuan yang mengelilingi Pantai. Bebatuan tersebut menjadi pelindung yang kemudian membentuk kolam air yang alami. Gugusan bebatuan ini berbentuk lengkunang yang jika dilihat mirip dengan wanita yang sedang dibengkung. Dari sini lah datangnya nama Batu Bengkung. Tentu kamu harus datang sendiri untuk membuktikan kebenaran ini.

2. Bermain air di kolam alami

Seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa bermain air di dalam kolam alami yang terbentuk dari batuan karang tersebut. Tentu akan sangat mengasyikkan ketika bermain air di kolam tersebut dikelilingi air laut yang biru jernih.  Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, jadi jika kamu ingin berenang sangat tidak disarankan. Namun ada kalanya pengunjung diperbolehkan berenang tergantung kondisi angin dan ombak. 
3. Menikmati panorama dari atas tebing

Di Pantai ini, salah satu kegiatan yang asyik adalah menjelajahi setiap sudut Pantai. Jika kamu memiliki jiwa petualang, kamu bisa memanjat tebing yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat. Dari atas tebing ini kamu bisa melihat panorama Pantai dengan lebih baik lagi. Kalau kamu ragu, tenang saja karena di tebing tersebut telah disediakan tali pembantu ketika memanjat.

4. Berkemah di bukit

Jika kamu mempunyai rencana ingin berlama-lama menikmati keindahan Pantai Batu Bengkung, tidak ada salahnya untuk berkemah di sini. Ada sebuah spot yang bagus sekali untuk menikmati sunset Pantai ini. Lokasinya di sebuah bukit yang terletak di Barat Daya. Dirikanlah tenda di bukit ini untuk pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Untuk menikmati indahnya Pantai Bengkung kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.7.500 dan kamu sudah bisa bermain di kolam alami dari batuan karang di Pantai ini. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu harus membayar parkir sebesar Rp.5.000 dan Rp.10.000 untuk parkir menginap. Di Pantai ini tersedia beberapa fasilitas standar yang bisa kamu pakai mulai dari musholla, toilet, kamar mandi dan warung tempat makan.
Alamat Pantai Batu BengkungJalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia
Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai tentang Batu Bengkung yang terdapat di Malang Jawa Timur. Kamu bisa menikmati pemandangan Pantai yang indah lengkap dengan kolam karang alami yang unik.
Pantai Batu Bengkung Yang Sangat Unik di Malang Pantai Batu Bengkung Yang Sangat Unik di Malang Reviewed by sandro on Minggu, September 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia