Manfaat game untuk kecerdasan anak


Dunia game tidak pernah ada matinya, dan ini yang membuat industry game ini semakin lama semakin jadi. Bahkan social media khusus game pun semakin laris, youtube pun ada section gaming khusus yang trafficnya super besar, video game juga adalah salah 1 yang paling banyak dilihat di seluruh dunia. Ini adalah fenomena di seluruh dunia.

Sekarang khususnya bagi Anda yang telah punya anak, apa yang perlu Anda lakukan dengan fenomena ini? Di satu sisi Anda ingin membahagiakan anak mungkin dengan membelikan game terbaru, atau memperbolehkan dia bermain game dengan tujuan membuat dia senang dan tertawa, namun di sisi lain Anda tidak ingin anak ini mendapatkan pengaruh negative dari bermain game.
Lalu apa yang Anda akan lakukan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari bermain game untuk si anak, khususnya usia anak- anak hingga remaja sekitar kelas 6 SD maupun SMP.



Bermain konsol game lebih baik ketimbang game mobile.

Dari segi kualitas gamenya sendiri game konsol karena mungkin berbayar atau alasan developer yang lain, hampir selalu memberikan kualitas game yang jauh lebih baik ketimbang game mobile/ di HP seperti android maupun ios.

Selain itu yang lebih penting adalah dari segi jarak pandang, game mobile cenderung dipakai sangat dekat dengan mata ke layar HP, dan sedangkan game konsol masih jauh antara jarak mata dengan layar TV.  Tentu ini akan memberikan efek mata Lelah yang berbeda, di HP pasti akan memberikan efek yang jauh lebih melelahkan ketimbang di TV.

Selain itu sekarang di TV sudah lebih canggih yaitu screennya lebih bersahabat bagi kesehatan mata, sedangkan di HP masih rentan dengan blue light atau sinar biru yang cenderung berdampak kurang sehat ketimbang di konsol.
Untuk konsol Anda bisa memberikan opsi beli game ps4 second murah dan tentunya menyiapkan konsolnya juga karena sekarang ps4 sudah jauh berkurang harganya.


Selanjutnya adalah seputar rating game.


Di game konsol Anda bisa dengan mudah memilih game yang ratingnya sesuai dengan umur si anak.

Anda tidak akan sampai membelikan game yang ratingnya bukan ditujukan untuk orang dewasa tapi salah beli untuk si anak. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi, lain halnya dengan game di mobile yang Anda tidak tahu dengan mudah karena akan cenderung mudah asal download, yang mengakibatkan filteran menjadi lebih sulit ketimbang game konsol.



Selain itu di game konsol pun masih ada genre yang free to play , alias bisa juga tidak perlu membelikan si anak banyak- banyak judul game baru, karena sebagian ada game yang siap main tanpa perlu membeli dulu, asalkan ada koneksi internet.
Judul- judul game yang sering kali disukai anak di ps4 adalah seperti
Minecraft, fortnite, call of duty series, dll.
Lalu untuk yang 6 – 9 tahun lebih ke judul game seperti knack, racing mobil, racing motor, dll.

Game seperti tadi akan berisi banyak puzzle dan kemampuan kritis berpikir anak untuk memecahkan masalah, sekaligus belajar Bahasa inggris, jadi banyak sekali manfaat yang bisa diberikan game konsol untuk anak anda terutama bila pemilihan judul dilakukan dengan benar.

1 hal lagi yang penting adalah pembatasan jam bermain game anak Anda, 1 hari 2 – 3 jam akan membuat pengalaman yang cukup baik untuk si dia, namun tidak sampai membuat mereka terlalu kelelahan.

Setiap harinya kurang dari itu akan membuat dia merasa seperti tidak punya game konsol yang dia bisa buat mainan setiap hari, dan sebenarnya rugi juga sih. Yang penting tidak mengganggu makan & kesehariannya sekolah, tentu tidak apa memberikan sedikit kesenangan bagi anak Anda.

Saat Anda menentukan nanti untuk membelikan ps4 untuk anak- anak Anda, Anda bisa cek ke website www.gameps4.info untuk membelikan game ps4 murah second seperti baru yang sudah kirim ke seluruh Indonesia.


Ditulis oleh

Gameps4.info 
Manfaat game untuk kecerdasan anak Manfaat game untuk kecerdasan anak Reviewed by sandro on Senin, September 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia