Desa Penglipuran Desa Terbersih di Bali




Berbicara tentang keindahan Bali memang tidak pernah ada habisnya. Rasanya semua setuju jika Bali menjadi destinasi favorit untuk berlibur baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantainya yang eksotis, keindahan alam yang menyejukan, budaya yang kental, hingga masyarakat yang ramah, menjadi alasan Bali begitu dicintai.

Berkunjung ke Bali, banyak tempat wisata yang memanjakan hati dan mata. Tapi, cobalah untuk sempatkan menjamah desa terbersih di dunia ini. Namanya Desa Penglipuran. Desa yang terletak di Bangli ini resmi menjadi desa wisata sejak 1993 silam.
Dengan total luas 112 hektar yang terdiri dari 12 hektar area rumah penduduk, 49 hektar ladang, dan 37 hektar hutan bambu, Desa Panglipuran menjadi daftar wisata yang tidak boleh kita lewatkan. Bagaimana tidak, desa yang dihuni sekitar 986 jiwa ini akan memanjakan kita dengan suasana yang sejuk dan damai.

Menyusuri Desa Penglipuran kita akan menemukan lorong jalan gang yang bersih, nyaman, dan tenang. Penduduk yang sangat ramah, bahkan kita dipersilakan mampir ke rumahnya untuk sekedar beristirahat.

Pengembangan desa Penglipuran di Bangli ini sebagai kawasan wisata memang sangat tepat, karena memiliki budaya dan tradisi unik didukung oleh suasana asri, nyaman , lingkungan kondusif dan sejuk karena berada pada dataran tinggi, di ketinggian 700 meter dari permukaan laut, sehingga berhawa sejuk, tanaman tumbuh subur di desa Penglipuran terlihat hujau dan asri, sebuah desa yang masih mempertahankan budaya serta tradisi leluhurnya di tengah kemajuan dan modernisasi.

Uniknya, kendaraan roda dua maupun roda empat dilarang masuk ke sini. Setiap kendaraan yang dimiliki warga desa, akan ditaruh di garasi belakang rumah yang memiliki jalur berbeda. Kesadaran masyarakat yang sangat tinggi untuk menjaga lingkungan, begitu jelas terlihat ketika tak ada sampah sedikitpun di setiap sudutnya. Terdapat pula bak sampah di setiap sudutnya. Selain itu, masyarakat yang hendak merokok juga tak boleh sembarangan, perokok harus pergi ke tempat khusus yang sudah disediakan untuk merokok.



Waktu Terbaik ke Penglipuran

Nama Desa Penglipuran berasal dari kata pengeling dan pura, artinya mengingat tempat suci (para leluhur). Oleh karena itu, tempat ini masih sangat menjaga falsafah kehidupan adat yang harus dilestarikan seluruh warga desa tersebut. Hal ini sebagai perwujudan upaya melestarikan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali yang dikenal sebagai umat Hindu yang religius.

Desa Penglipuran terletak sekitar 45 km dari Denpasar. Tepatnya di kelurahan Kubu, kecamatan Bangli, kabupaten Bangli, Bali. Namun waktu terbaik untuk datang ketika menjelang Hari Raya Galungan, atau setelah Hari Raya Galungan.


HTM Desa Penglipuran

Tiket Masuk WNI:
Rp 15.000 / 1 dewasa.
Rp 10.000 / 1 anak.

Tiket Masuk WNA:
Rp 30.000 / 1 dewasa.
Rp 25.000 / 1 anak.

Parkir mobil, Rp 5.000 / 1 mobil.


Lokasi Desa Penglipuran

Desa Penglipuran Desa Terbersih di Bali Desa Penglipuran Desa Terbersih di Bali Reviewed by sandro on Rabu, September 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia