Panduan Menggunakan Facebook Analytics dan Insights
Menggunakan Facebook untuk bisnis tanpa
memperhatikan analisisnya tentu cukup memberikan kesulitan. Memiliki
akses untuk mengethaui informasi yang lebih lanjut memungkinkan Anda
untuk lebih mudah menavigasi Facebook. Hal inilah yang mendorong
terciptanya Facebook Analytics dan Facebook Insights.
Fitur Facebook Analytics dan Insights
memungkinkan Anda untuk dengan mudah melacak kinerja bisnis. Melalui
berbagai unsur yang berbeda seperti jumlah likes, keterlibatan,
pencapaian, dan demografi, Facebook Analytics dan Insights dapat
memberikan gambaran yang jelas darimana strategi sosial Anda berdiri.
Mampu memberikan kejelasan dan perspektif yang tinggi, maka Facebook
Analytics dan Insights dapat memberi dampak positif dalam menavigasi
rencana media sosial Anda. berikut adalah beberapa panduan dalam
menggunakan Facebook Analytics dan Insights.
Cara Mengakses Facebook Insights
Jika Anda memiliki halaman bisnis dengan
lebih dari 30 penggemar, Anda dapat dengan mudah mengakses Facebook
Insights melalui Page Anda. Klik ‘Insights’di bagian atas. Dari sini,
Anda dapat
melihat metrik tentang Page dengan meng-klik bagian di sebelah kiri. Untuk mengekspornya, klik ‘Export’ di sudut kanan atas. Dari bagian Insights di Page, Anda memiliki akses ke banyak informasi yang akan membantu mengevaluasi kinerja di masa lalu, sekarang, dan strategi di masa depan.
melihat metrik tentang Page dengan meng-klik bagian di sebelah kiri. Untuk mengekspornya, klik ‘Export’ di sudut kanan atas. Dari bagian Insights di Page, Anda memiliki akses ke banyak informasi yang akan membantu mengevaluasi kinerja di masa lalu, sekarang, dan strategi di masa depan.
Mengapa Menggunakan Facebook Insights?
Facebook Insights akan memudahkan Anda
dalam segala sesuatu yang ingin diketahui baik mengenai Pages Facebook,
audiens, dan pelanggan Anda. Facebook sendiri juga menjelaskan bahwa
dengan Facebook Insights Anda dapat menggunakan informasinya untuk
menciptakan konten terbaik yang mampu menarik perhatian audiens. Anda
juga bisa mempelajari kapan waktu terbaik membagikan konten agar
menjangkau audiens lebih banyak.
BACA JUGA : Setting Site Search di Google Analytics
BACA JUGA : Setting Site Search di Google Analytics
Cara Menggunakan Facebook Analytics
Mengukur Keterlibatan
Dalam Facebook Analytics, mengukur
keterlibatan dapat mengacu pada presentase orang yang merespon,
membagikan, mengklik, maupun mengomentari sebuah postingan tertentu.
Anda juga akan diberikan gambaran tentang lima postingan terbaru Anda
yang mencakup tentang target informasi, pencapaian, dll. Cara
menggunakannya yaitu:
- Klik ‘Insights’ di bagian atas Page
- Klik Posts
- Arahkan ke All Posts Published
- Klik tanda panah di sebelah kanan ‘Posts Click/Reactions, Comments&Share’
- Pilih ‘Engagement Rate’
Jumlah Likes
Salah satu hal yang paling populer dalam
mengukur pencapaian di Facebook adalah melalui jumlah likes. Untuk
mengakses tab ‘Likes’ pilih dari bagian atas layar Page Anda kemudian
klik ‘Overview’ dan ‘Reach’. Grafik pertama yang terlihat adalah rentang
tanggal untuk melihat kinerja Page. Kemudian grafik di bawahnya akan
menampilkan total Likes dari berbagai sumber seperti dari iklan, Pages,
pencarian, dll. Misalnya Anda melihat jumlah Likes terbanyak berasal
dari iklan, maka itu pertanda baik untuk Anda agar terus berkonsentrasi
dalam iklan untuk mendapatkan jumlah Likes lebih banyak.
Jumlah Kunjungan
Anda juga perlu memeriksa berapa kali
Pages Anda dikunjungi oleh orang-orang. dengan mengetahui jumlah
kunjungan di Pages, Anda bisa memahami apa yang kiranya disukai oleh
orang-orang dari Pages Anda, apa saja yang dibicarakan, dan bagaimana
mereka bisa masuk ke Pages Anda. Pada grafik Acuan Eksternal, Anda akan
melihat darimana kunjungan tersebut berasal. Bisa dari mesin pencari,
situs-situs lain, maupun saluran sosial lainnya. Informasi ini akan
berguna jika tujuan bisnis Anda adalah mengarahkan lalu lintas (traffic)
dari sumber lainnya.
Posts
Di sebelah tab ‘Visits’, selanjutnya Anda
akan menemukan tab ‘Posts’. Tab ini akan membantu Anda memecah setiap
postingan dan potongan konten untuk melihat seberapa baik postingan
Anda. ini akan sangat membantu Anda untuk memahami konten apa yang
disukai pengunjung dan mampu membuat konten yang sesuai.
Panduan Menggunakan Facebook Analytics dan Insights
Reviewed by sandro
on
Kamis, Januari 09, 2020
Rating:
Tidak ada komentar
Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.