Panduan Menggunakan Facebook Analytics dan Insights

Cara Menggunakan Facebook Analytics dan Insights


Menggunakan Facebook untuk bisnis tanpa memperhatikan analisisnya tentu cukup memberikan kesulitan. Memiliki akses untuk mengethaui informasi yang lebih lanjut memungkinkan Anda untuk lebih mudah menavigasi Facebook. Hal inilah yang mendorong terciptanya Facebook Analytics dan Facebook Insights.

Fitur Facebook Analytics dan Insights memungkinkan Anda untuk dengan mudah melacak kinerja bisnis. Melalui berbagai unsur yang berbeda seperti jumlah likes, keterlibatan, pencapaian, dan demografi, Facebook Analytics dan Insights dapat memberikan gambaran yang jelas darimana  strategi sosial Anda berdiri. 

Mampu memberikan kejelasan dan perspektif yang tinggi, maka Facebook Analytics dan Insights dapat memberi dampak positif dalam menavigasi rencana media sosial Anda. berikut adalah beberapa panduan dalam menggunakan Facebook Analytics dan Insights.


Cara Mengakses Facebook Insights    

Jika Anda memiliki halaman bisnis dengan lebih dari 30 penggemar, Anda dapat dengan mudah mengakses Facebook Insights melalui Page Anda. Klik ‘Insights’di bagian atas. Dari sini, Anda dapat
melihat metrik tentang Page dengan meng-klik bagian di sebelah kiri. Untuk mengekspornya, klik ‘Export’ di sudut kanan atas. Dari bagian Insights di Page, Anda memiliki akses ke banyak informasi yang akan membantu mengevaluasi kinerja di masa lalu, sekarang, dan strategi di masa depan.

Mengapa Menggunakan Facebook Insights?
Facebook Insights akan memudahkan Anda dalam segala sesuatu yang ingin diketahui baik mengenai Pages Facebook, audiens, dan pelanggan Anda. Facebook sendiri juga menjelaskan bahwa dengan Facebook Insights Anda dapat menggunakan informasinya untuk menciptakan konten terbaik yang mampu menarik perhatian audiens. Anda juga bisa mempelajari kapan waktu terbaik membagikan konten agar menjangkau audiens lebih banyak.


BACA JUGA :  Setting Site Search di Google Analytics


Cara Menggunakan Facebook Analytics


Mengukur Keterlibatan

Dalam Facebook Analytics, mengukur keterlibatan dapat mengacu pada presentase orang yang merespon, membagikan, mengklik, maupun mengomentari sebuah postingan tertentu. Anda juga akan diberikan gambaran tentang lima postingan terbaru Anda yang mencakup tentang target informasi, pencapaian, dll. Cara menggunakannya yaitu:
  • Klik ‘Insights’ di bagian atas Page
  • Klik Posts
  • Arahkan ke All Posts Published
  • Klik tanda panah di sebelah kanan ‘Posts Click/Reactions, Comments&Share’
  • Pilih ‘Engagement Rate’

Jumlah Likes 

Salah satu hal yang paling populer dalam mengukur pencapaian di Facebook adalah melalui jumlah likes. Untuk mengakses tab ‘Likes’ pilih dari bagian atas layar Page Anda kemudian klik ‘Overview’ dan ‘Reach’. Grafik pertama yang terlihat adalah rentang tanggal untuk melihat kinerja Page. Kemudian grafik di bawahnya akan menampilkan total Likes dari berbagai sumber seperti dari iklan, Pages, pencarian, dll. Misalnya Anda melihat jumlah Likes terbanyak berasal dari iklan, maka itu pertanda baik untuk Anda agar terus berkonsentrasi dalam iklan untuk mendapatkan jumlah Likes lebih banyak.

Jumlah Kunjungan

Anda juga perlu memeriksa berapa kali Pages Anda dikunjungi oleh orang-orang. dengan mengetahui jumlah kunjungan di Pages, Anda bisa memahami apa yang kiranya disukai oleh orang-orang dari Pages Anda, apa saja yang dibicarakan, dan bagaimana mereka bisa masuk ke Pages Anda. Pada grafik Acuan Eksternal, Anda akan melihat darimana kunjungan tersebut berasal. Bisa dari mesin pencari, situs-situs lain, maupun saluran sosial lainnya. Informasi ini akan berguna jika tujuan bisnis Anda adalah mengarahkan lalu lintas (traffic) dari sumber lainnya.

Posts

Di sebelah tab ‘Visits’, selanjutnya Anda akan menemukan tab ‘Posts’. Tab ini akan membantu Anda memecah setiap postingan dan potongan konten untuk melihat seberapa baik postingan Anda. ini akan sangat membantu Anda untuk memahami konten apa yang disukai pengunjung dan mampu membuat konten yang sesuai.

Panduan Menggunakan Facebook Analytics dan Insights Panduan Menggunakan Facebook Analytics dan Insights Reviewed by sandro on Kamis, Januari 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia