Cara Mudah Membangun Backlink Profile


Cara Mudah Membangun Backlink Profile




Saya dan Anda tahu bahwa membuat dan memiliki backlink profile yang bagus adalah bagian penting dalam mengoptimasi sebuah website apapun. Anda juga tahu betapa sangat pentingnya untuk memiliki waktu kerja khusus untuk membuat backlink-baklink yang kuat yang menuju website Anda. 

Anda juga pasti tahu kalau kita terlalu over dalam mengoptimasi anchor text akan bisa terkena dampak buruk dari peraturan Google. Membuat backlink dengan tehnik spam pasti akan membawa efek tersendiri untuk website yang sedang di optimasi. Tetapi seberapa pentingkah hal itu? Atau lebih tepatnya, bagaimana Anda dan saya bisa membuat backlink profile yang di sukai oleh Mbah Google?
 
Saya akan menjelaskan secara singkat dari apa yang saya ketahui tentang komponen backlink profile yang baik dan memberikan saran-saran sederhana kepada Anda bagaimana Anda dan saya bisa membuat backlink profile yang baik. Tetapi sebelum saya menjelaskan tentang hal itu saya akan menjelaskan dulu Apa itu Backlink Profile dan Bagaimana Cara untuk mendapatkannya?

Pentingnya Membuat Backlink Profile untuk Meningkatkan SEO

Saya ingin mengatakan dan menekankan kalau backlink profile ini sangat penting sekali bagi Anda.

Sekitar tahun 2013 merupakan tahun yang sangat penting dalam SEO dengan diluncurkannya pengumuman tentang Penguin 2.0 dab pengumuman Pengenalan Hummingbird. Setelah tahun baru, sinyal sosial media tidak masuk dalam hitungan algoritma pencarian lagi.

Dengan adanya perubahan ini tentu membawa dampak yang besar untuk kita dan ini tentunya berhubungan dengan apa yang akan kita bahas sekarang ini, Tentang Pentingnya Membuat Backlink Profile.

Menurut saya backlink Profile Masih sangat penting dalam penggunaan tertentu.

Berdasarkan dari pembelajaran saya, percobaan, melihat para pakar dalam dunia SEO yang telah menganalisa hal ini, akhirnya saya bisa menyimpulkan seberapa penting backlink profile bagi website yang kita miliki:

JUJUR, Kami secara pribadi tidak tahu pasti, tetapi berdasarkan dari penelitian, pengujian dan pengalaman saya yang jauh dari sempurna, menurut saya masih sangat aman dan saya bisa katakan bahwa backlink profile masih menyumbangkan sebagian besar peringkat sebuah website tertentu berdasarkan algoritma Google.

Penalti yang diberikan pihak Google kepada sebagian besar website tertentu di dasarkan pada link profile. Jadi jika ada sebuah website yang tadinya berada di halaman pertama mesin pencari kemudian turun peringkat baik itu ke halaman ke dua atau halaman selanjutnya ini dipengaruhi oleh faktor link profile yang mengarah ke website itu. Dan berita baiknya adalah sebuah website yang mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari juga dipengaruhi oleh link profile yang mengarah ke website itu.

 BACA JUGA : Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Baclink gov dan edu


 
Jadi menurut saya Baklink Profile masih sangat penting sekali sampai hari ini. Tetapi ada pertanyaan yang perlu kita ajukan dan menjadi pertanyaan beberapa orang:

Backlink Profile seperti apa yang bagus?
Dan
Bagaimana saya dan Anda bisa mendapatkannya?


Backlink Profile seperti Apa yang Bagus?

Mari kita sama-sama belajar dan mencoba menjawab pertanyaan pertama ini. Yang pertama yang perlu Anda ketahui, kita akan melihat backlink profile seperti apa yang tidak bagus, Ini tidak hanya memaksudkan backlink saja.

Semua pelaku SEO akan mengatakan bahwa “backlink” adalah elemen yang terpenting dari SEO. Merangking tidaknya sebuah website masih dipengaruhi oleh backlink.


Tetapi, kita tidak bisa hanya melihat backlink hanya sebagai sebuah backlink saja, kita musti melihat hal yang lebih besar dari sebuah backlink profile. Sebenarnya backlink profile lebih dari sekedar sebuah backlink.

Bisa saya katakan, backlink hanyalah salah satu dari komponen kecil dari sebuah backlink profile yang dibuat. Masih ada hal lain (manfaat lain) yang membuat sebuah backlink profile bukan sekedar backlink saja.

Sekarang coba kita melihat hal yang mempengaruhi sebuah backlink profile itu bagus dan sehat. Ini adalah menurut pendapat atau pengertian saya sendiri.

Jadi Begini: Backlink profile yang baik itu memiliki banyak high authority link dan tidak ada backlink spam.

Jadi kalau di simpulkan, ada dua hal dari sebuah backlink profile yang baik itu:
  1. Banyak high authority link dan high DA
  2. Tidak ada backlink spam.
Mungkin banyak dari antara anda sudah banyak yang tahu soal itu. Tetapi saya ingin menjelaskan beberapa hal yang mungkin masih banyak belum diketahui orang tentang backlink profile yang benar-benar baik.

Cara Mudah Membangun Backlink Profile


Branded anchor text

Ketika kita mencoba menjabarkan tentang pentingnya berbagai elemen yang mempengaruhi peringkat sebuah website bisa berada di mesin pencari Google adalah parameternya menurut saya seperti ini:
  • Faktor penting dari rangking sebuah website: Link Profile.
  • Aspek terpenting dari link profile: Kualitas backlink itu sendiri.
  • Aspek terpenting dari kualitas sebuah backlink: Anchor text.
  • Aspek terpenting dari anchor text: Diversity.
jadi kira-kira seperti itu yang diinginkan oleh mesin pencari Google dari link profile yang dibuat, yaitu yang menampilkan keragaman dalam bentuk branded anchor texts

Yang termasuk dalam branded anchor text adalah nama merek dari sebuah perusahaan atau nama website itu sendiri.

Sebagai contoh, Jika perusahaan anda adalah Sky One, maka branded anchor textnya adalah “Sky One,” dan itu akan mengarah ke url Website Anda.

Branded anchor text juga bisa dikombinasikan dengan kata kunci, Sebagai contoh:
  • Perusahaan ini, dikenal sebagai Sky One, atau Sky One yang dikenal sebagai jasa transportasi udara untuk rute-rute terpencil di Indonesia.
  • Bisa juga dikombinasikan dengan keyword: penerbangan ke daerah pelosok yang ada di Indonesia harga tiket pesawat Sky One sangat terjangkau.
Backlink profile yang baik biasanya banyak mengandung branded anchort text. Dalam beberapa kasus, penerapa untuk presentasenya mungkin bisa mencapai 20% dari total variasi anchor text yang digunakan.

Semantik Relevan Anchor Text

Jenis lain dari beragam penggunaan anchor text adalah “relevan secara semantik.”
Beberapa orang mungkin terbiasa menggunakan kata kunci yang terkait dengan Google semantik related keyword. 

Jadi Google bisa memunculkan website Anda dalam kueri pencarian bahkan jika kueri tersebut tidak ada dalam kata kunci yang Anda target, ini bisa terjadi hanya jika di dalam artikel Anda mengandung kata kunci yang mirip yang digunakan dalam kueri.

Ketika link profile yang Anda buat menggunakan atau memiliki anchor text yang mirip dengan semantik keyword, ini akan membantu memperkaya dan mendiversity profile.
Kira-kira contoh dari Semantik Relevan Anchor text:

  • Target keyword Anda: Monitor detak jantung
  • Semantik relevan anchornya: Alat Pelacak kebugaran (fitness) *kira-kira seperti ini
Misalnya website Anda memiliki artikel yang membahas tentang Monitor detak jantung yang bisa digunakan untuk latihan. Kemudian ada website lain yang membahas tentang kesehatan melihat artikel yang Anda buat berisi informasi yang menurut mereka sangat bermanfaat kemudian mereka membuat link ke halaman ini dengan menggunakan anchor text “Alat Pelacak kebugaran.” Jadi jenis link profile yang menggunakan anchor text seperti ini (semantik relevan anchor text) seperti ini bia membantu meningkatkan kualitas link profile Anda.


BACA JUGA : Cara Mudah Mendapat Traffic Organik Website


Backlink yang Relevan

Komponen ini dikenal juga sebagai lokal/topik spesifik. Sebagai sebuah fitur algoritmik, ini awal mulanya dikembangkan oleh Teoma, sekarang namanya berubah menjadi Ask.com. komponen ini sekarang sudah menjadi bagian standar dari hampir semua algoritma mesin pencari.

Backlink-backlink yang Anda buat untuk website Anda bagusnya berasal dari website-website dengan topik yang mirip. Mereka harus relevan.

Sebagai contoj, katakanlah Anda memiliki website yang temanya ada hubungannya dengan desain grafis. Anda kemudian membuat backlink dari website yang membahas tentang makanan. Backlink yang Anda dapatkan dari website makanan ini tidak banyak membawa pengaruh banyak untuk meningkatkan backlink profile Anda. Tetapi, jika Anda menerima atau membuat backlink di website yang serupa dengan tema website Anda, katakanlah Anda mendapat backlink dari Adobe.com, nah backlink-backlink seperti ini jauh lebih bermanfaat dan berguna untuk backlink profile Anda.


Adobe.com ada hubungannya dengan website Anda yang membahas tentang desain grafis, sedangkan website makanan tidak ada hubungan sama sekali dengan website anda, jadi bisa saya katakan backlink-backlink seperti ini tidak baik.

Backlink dari website Yang Memberi Backlink lain.

Jadi di sini saya ingin menjelaskan tentang maksud dari kata-kata ini “Backlink dari website yang memberi backlink lain”. Mungkin membuat anda bingung ya?

Jadi ketika Anda mendapat sebuah backlink dari website lain. Dari akun Anda sendiri dan juga bukan website spam. Namun, website tempat Anda menanam backlink ini memiliki tautan atau backlink ke situs lain yang terditeksi sebagai website spam meskipun mungkin dia membuatnya tidak sengaja atau tanpa sepengetahuan dia, meskipun website itu (tempat Anda menanam backlink) bukan website spam, tetapi efek buruk karena dia mengarahkan link ke website spam ini juga memberikan nilai kurang baik meskipun tidak parah.

Menurut algoritma, backlink yang di dapat ini bisa masuk dalam kategori yang tidak baik dan menurunkan nilai link profile yang Anda dapat dari website itu meskipun website itu tidak masuk dalam kategori spam.


Fresh Backlink

Seiring dengan berjalannya waktu, kekuatan backlink cenderung akan menurun. Jika anda membuat backlink dengan website yang memiliki DA 90 yang sudah berusia tujuh tahun, kemungkinan tidak akan memberikan nilai yang sama dengan sebuah website dengan DA 70 ayang baru saja Anda linknya kemarin.

Katakanlah Anda membuat backlink di website SUBMITClimb yang mempunya authority 89. Tetapi link yang Anda dapatkan sudah beberapa tahun yang lalu lamanya. Meskipun begitu backlink ini tidak lagi memberikan nilai yang sama tinggi ketika pertama kali Anda membuatnya di sana.

Fenomena ini di sebut dengan Google Freshness Factor. Kita semua tahu kalau sebuah konten dengan tema tertentu bisa basi (usang) seiring waktu berlalu dan akan turun peingkatnya.

Apa Itu Backlink Profile?

Backlink dari Website Authority

Saya akan membahas sedikit tentang noffolow. Ketika sebuah website mendapatkan backlink dari website yang memiliki authority yang tinggi dari website authority, website Anda akan mendapatkan manfaat dan nilai yang besar.

Agar setiap backlink bisa benar-benar efektif, link itu haruslah memiliki tag “nofollow,” meskipun tidak terlalu besar link nofollow masih memiliki beberapa nilai, tetapi nilai yang di dapat bukan yang memberikan nilai kepada link profile.

BACA JUGA : 3 Cara Mudah Mendapat Backlink Dari WIKIPEDIA

Backlink ke halaman dalam (halaman lain di website Anda)

Jika Anda membuat backlink untuk ke halaman lain yang ada di website Anda, ini akan memberikan nilai lebih kepada backlink profile yang Anda dapatkan.

Jadi begini faktanya: kebanyakan orang hanya akan membuat backlink untuk halaman website utama yang menuju website mereka – ini memang cara pertama dan utama yang harus dilakukan oleh setiap pemilik website.

Tapi jika Anda terus membuat backlink yang menuju ke halaman utama (beranda) saja ini akan membuat kejenuhan atau tidak akan terlalu baik, halaman lain yang ada di website kita juga perlu diberi backlink, jadi ketika Anda mengimbangi dengan membuat backlink yang menuju ke halaman lain (internal) ini akan memberi nilai yang jauh lebih baik.

Halaman website Anda yang lain memerlukan backlink yang kuat juga, jadi ketika halaman-halaman lain itu menerima backlink, mereka akan meningkatkan authority website Anda secara keseluruhan. Oleh karena alasan ini maka Anda memerlukan pemasaran konten yang kuat, karena konten berada di dalam halaman website Anda dan ini bisa memberikan nilai untuk halaman-halaman lain jika di beri backlink dan saling bertautan.

Diversity backlink ke halaman lain

Ini penjelasannya hampir sama dengan apa yang saya jelaskan di atas, sebuah backlink profile yang baik harus bisa menampilkan banyak halaman yang di backlink. Ingat membuat backlink tidak hanya ke halaman utama saja, tetapi perlu juga untuk halaman Home, Halaman blog, Halaman tentang kami, halaman kontak dan sub halaman lain.

Semakin bagus diversity link yang Anda buat akan semakin membuat kuat backlink profile Anda.


Tidak menggunakan backlink berbayar

Backlink berbayar adalah spam, sesederhana itu artinya.

Jadi kalau ada yang bilang ini masuk dalam kategori abu-abu itu salah besar menurut apa yang saya baca dari keterangan yang ada di website Google, jadi jelas ini bukan grey area tapi blacka area karena itu jelas berbayar.

Memang sulit sekali sekarang ini untuk mendapatkan backlink tanpa membeli backlink dari website lain. Saya secara pribadi mengakui hal itu dan anda semua pasti setuju dengan saya. oleh karena itu membeli backlink masih banyak dilakukan dari dulu hingga sekarang oleh para pelaku SEO. Memang Google tidak akan benar-benar tahu kalau backlink yang kita dapatkan itu dari hasil membeli.

Tetapi jika algoritma suatu saat menemukan adanya keberadaan backlink berbayar di website Anda, maka itu akan datang waktunya untuk bersiap-siap mendapatkan penalti dari mbah Google.

Tidak ada backlink dari Artikel direcktori link

Backlink profile yang baik tidak memiliki daftar backlink dari directory spam link. Ini sudah menjadi satu rahasia umum dalam dunia SEO bahwa backlink dari artikel directory adalah wilayah yang berbahaya untuk digunakan.

Google sendiri sangat melarang keras penggunaan artikel direktori untuk membangun sebuah backlink. Dan ini terbukti, semua website yang dulunya menggunakan teknik ini akhirnya tumbang ke dasar jurang yang sangat dalam yang sulit untuk ditemukan lagi alias turun peringkat jauh.

Di masa jayanya penggunaan website direcktori dan artikel direktori sangat membantu meningkatkan peringkat website, tetapi hari ini tidak lagi memberi pengaruh.

Jika website kalian menggunakan dan mendapatkan backlink dari daftar website seperti itu maka saya sarankan untuk menghapusnya agar website Anda mendapat nilai yang lebih baik.

Jadi bagaimana Anda dan saya sekarang ini bisa mendapatkan sebuah backlink untuk meningkatkan peringkat website kita di mesin pencari? Saya kira sekarang setelah Anda sudah membaca tentang artikel ini, Anda bisa mendapatkan sedikit pencerahan tentang caranya membangun backlink yang baik.

Saran dari saya, buatlah artikel sebagus mungkin dan juga strategi pemasaran konten yang tepat. Jika ini Anda kuasai maka backlink dengan sendirinya akan terbentuk, backlink ini akan jauh lebih kuat dan lebih bereputasi baik. Saya tidak memaksudkan anda tidak harus membuat backlink, membuat backlink tetap dibutuhkan hanya saja Anda perlu tahu dasarnya dan backlink profile seperti apa yang harus Anda buat.

Konten marketing adalah SEO dan ini adalah cara yang sangat bagus untuk membangun backlink profile Anda.


Cara Mudah Membangun Backlink Profile Cara Mudah Membangun Backlink Profile Reviewed by sandro on Sabtu, November 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkomentar.
Thank you for your comment.

Video

Raja Ampat-Indonesia